Apresiasi seni rupa - Irfan Blog

Apresiasi seni rupa


Apresiasi seni rupa

A. Pengertian apresiasi seni rupa

Apresiasi seni rupa adalah aktifitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menikmati, memghayati, dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni rupa. 
Menurut G wilson, apresiasi seni rupa terdiri dari tiga domain, yaitu perasaan, penilaian, dan empati. 

Urutan pengindraan karya seni

  • Sensasi
  • Emosi
  • Impresi
  • Interpretasi
  • Apresiasi
  • Evaluasi

B. Pengembangan sikap empati kepada profesi Seniman dan Budayawan

Apresiasi seni budaya dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas kemampuan mengapresiasi keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. 

D. Interaksi dan Komunikasi Efektif dengan Lingkungan Seni Budaya

Dari pengalaman belajar apresiasi seni, diharapkan berkembang sikap demokratis, etis, toleransi, dan sikap positif lainnya. 

E. Rangkuman

Apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni rupa, memghargai nilai-nilai keindaham, keberagaman, dan kaidah artistik eksistensi dunia seni rupa. Pengenalan akan tokoh-tokoh budaya, perupa murni, pendesain, dan pekria dan reputasinya adalah upaya nyata mengembangkan perasaan simpati, yang jika dilakukan berulang-ulang akan meningkat menjadi perasaan empati.

Nah mungkin cukup sekian postingan blog saya tentang apresiasi seni rupa semoga bisa bermanfaat dan terimakasih telah memgunjungi blog saya. 
Wassalamu'alaikum wr wb. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apresiasi seni rupa"

Post a Comment