Cara install driver printer - Irfan Blog

Cara install driver printer

Cara Install Driver Printer


A. Pengertian driver dan fungsi driver

Pengertian driver atau device driver adalah pengendali perangkat keras, driver merupakan istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. 
Fungsi driver adalah seperti halnya pengertian diatas maka fungsi driver itu untuk mengizinkan user untuk menggunakan perangkat keras melalui perangkat lunak (driver tersebut).

B. Jenis komponen driver

Driver dibagi atas kegunaanya sebagai berikut :
  • Driver audio : driver yang berhubungan dengan suara ataupun audio
  • Driver bios : driver yang berhubungan dengan motherboard
  • Driver chipset : driver yang berhubungan dengan komponen chip di motherboard
  • Driver graphic : driver yang berhubungan dengan visual
  • Driver printer : driver yang berhubungan dengan alat percetakan
  • Driver keyboard : driver yang berhubungan dengan keyboard
  • Driver mouse : driver yang berhubungan dengan mouse
  • Driver network : driver yang berhubungan dengan jaringan pada komputer
  • Driver webcam : driver yang berhubungan dengan kamera

C. Pengertian printer dan jenis-jenis printer

Printer adalah perangkat keras atau perpheral komputer yang berfungsi untuk mencetak atau berurusan dengan percetakan. Ada banyak macam tipe printer, misalnya Epson Lx-800, Epson l360, cannon mp237, cannon ip2770, epson l350, hp laserjet p1102.

D. Cara install driver printer 


Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer, baik itu menggunakan cd driver bawaan printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.
Berikut ini kita coba install driver printer dengan yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver untuk Epson Lx-800.

Pertama-tama klik start printers and faks -> add printer 
Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada local printer attached to this computer ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang (local) pada komputer kita dan bila memginstall driver printer yang berada pada komputer lain pada dalam jaringan maka berikan tanda centang pada a network printer, or a printer attached to another computer. 
Pada praktik kali ini karena instalasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan local printer attached to this computer. 
Kemudian klik next setelah next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan printer lokal yaitu lpt1 -> next
Pada jendela install printer software, tentukan pilihan jenis printer yaitu "Epson" yang berada pada jendela sebelah kiri dan nama printernya adalah "Epson lx-800" yang berada pada jendela sebelah kanan, kemudian klik next. 
Kemudian pada jendela "name your printer" ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson lx-800" selanjutnya klik next. 
Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih "share name" dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan diinstal pada komputer lain dalam jaringan tersebut. Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer   dan klik next  untuk masuk pada jendela print this page 
( printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) pilih "yes" dan jika tidak maka pilih "no" , setelah itu klik next dan finish.
Instalasi driver printer sudah selesai selamat menggunakan printer untuk mencetak.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang pengertian driver, fungsi driver, jenis kompone driver serta cara install driver printer. Semoga bermanfaat, mohon maaf tidak disertai dengan gambar.
Wassalamu'alaikum wr wb

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara install driver printer"