Fungsi kerikil di sepanjang rel kereta - Irfan Blog

Fungsi kerikil di sepanjang rel kereta

Fungsi kerikil di sepanjang rel kereta

Fungsi kerikil

Kerikil adalah sebuah bebatuan kecil yang berbentuk sembarang namun biasanya tajam dan kerikil merupakan bahan yang digunakan untuk bahan mengaspal jalan. Namun kalian pasti pernah melihat kerikil di sepanjang rel kereta api. Nah fungsi dari kerikil itu apa sih? Nah berikut akan saya jelaskan sedikit tentang fungsi kerikil di sepanjang rel kereta api. 
Sebelum kita mengetahui fungsi dari kerikil ini, mari kita lihat bagaimana cara pembuatan rel kereta.

Pembuatan rel kereta


Mula mula siapkan tanah kosong yang di tinggikan agar terhindar dari banjir. Kemudian tanah tersebut dipadatkan dan setelah padat langsung menebarkan kerikil secara merata di atas tanah. Setelah kerikil ditebar maka beton ataupun balok kayu langsung ditata berjajar secara melintang di sepanjang jalur.
Setelah balok kayu atau balok beton di tata, kemudian tebarkan kerikil lagi hingga padat sehingga membuat balok tidak bergeser namun tetap bisa bergerak. Loh mengapa tetap bisa bergerak? Karena rel dilalui oleh kereta yang berat dan berkecepatan tinggi, tentunya hal ini akan menimbulkan getaran yang sangat keras, jika bantalan tidak lentur maka bantalan tersebutlah yang akan rusak.
Selanjutnya batang besi yang panjang ditaruh melintang diatas deretan balok, masing-masing melintang disisi ujung balok. Supaya batang besi tidak bergeser maka diantara batang besi dan balok dipasangi klip. Bukan dipaku karena besi memiliki sifat yang mengembang ketika terkena panas, dengan tidak dipaku posisi besi tidak akan berubah pada saat mengembang.

Fungsi kerikil

Dari penjelasan pembuatan rel diatas sudah jelas bahwa fungsi dari kerikil disepanjang rel kereta adalah supaya bantalan kereta tidak bergesar dan dapat meredam getaran. 
Selain itu kerikil juga memiliki fungsi mengalirkan air karena disetiap kerikil pasti ada celah dan celah itulah yang mengalirkan air supaya tidak menyebabkan erosi tanah yang menjadi pondasi rel kereta api.
Kerikil juga berfungsi untuk mencegah tumbuhnya rumput, karena kerikil telah menutupi tanah sehingga tidak terkena sinar matahari, karena rumput memerlukan sinar matahari juga. Walaupun benih rumput tumbuh namun dia akan kesulitan tumbuh karena terbebani oleh kerikil. 


Mungkin cukup sekian dahulu postingan saya tentang fungsi kerikil di sepanjang rel kereta, semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi kerikil di sepanjang rel kereta"

Post a Comment